Kamis, 29 Juli 2010

Tak Sama dengan Proyeksi Retina

Mawar yang telah lama mekar, kini semakin layu
Bukan karena musim atau iklim,tentu bukan...
Hanya saja memang aku yang menginginkannya
untuk lenyap dari kekosongan ini

Harapan itu tidak lebih kosong daripada kaleng susu bekas
nyaring senyaring - nyaringnya
keras sekeras-kerasnya menyadarkanku biar terjaga
mimpi tak sama dengan proyeksi retina

Inilah...inilah dunia itu!
Saat nalarmu menyetujui apa yang terlihat
Saat ego mu tak lagi bisa berbuat
Dan hatimu menolak untuk terpikat

Detik ini kuputuskan untuk berhenti dari perjalanan ini,
atau mungkin menundanya...

Rabu, 28 Juli 2010

Cerita Perjalanan Backpacking Bali - Lombok

Bismillahirrahmaanirrahiim...

*Maaf postingannya agak panjang dan memerlukan waktu yang lama untuk dibaca. Gw bagi per-hari biar (mudah2an) enak bacanya dan gw selipin rekapitulasi biaya setiap harinya. Untuk rangkuman yang lebih simple mungkin gw posting terpisah. Jangan khawatir, pasti gw cantumin foto-foto perjalanannya supaya imajinasi  lu gak polos. Mohon maaf juga kalo tulisan gw agak kurang bagus dibaca, itu artinya ada suatu kerusakan di bagian usus 12 jari para pembaca (apa hubungannya?!). Baiklah tidak usah berbasa-basi lagi. Silahkan menikmati.


Alhamdulillah perjalanan liburan yang udah gw rencanain berbulan-bulan lalu akhirnya berakhir dan sangat meninggalkan bermacam pengalaman yang insya Allah bermanfaat buat gw.
Dari yang hanya rencana omongan saja, pengumpulan modal sampai akhirnya terwujudkan. Semua itu bakalan jadi sesuatu yang gak bakal gw lupain seumur hidup.

Berawal dari rencana backpacker-an ke Bali 6 bulan lalu. Dan gw berusaha buat nabung dengan berbagai cara untuk menembus budget. Beberapa cara gw lakuin dengan menekan beberapa biaya seperti pengharum ruangan dan lain-lain yang gak penting. Sumpah berat banget ngumpulin uang segitu banyak bagi gw, meskipun ada orang lain yang bisa menghabiskannya dalam waktu 1 hari saja.

Awalnya kita cuma berdua melancarkan misi ini, tapi ditengah jalan adik kelas kita alias junior kita di Satya Soedirman dan di SMANSA Bogor yang bernama Ginanjar Hadiwijaya atau biasa disebut KICOL, secara tidak sengaja memutuskan untuk ikut melancarkan misi kita. Si anak bungsu yang udah berhak menjadi mahasiswa di Universitas Diponegoro Semarang ini beralasan mengisi waktu senggangnya sambil menunggu kuliah perdana atau ospek dan bermacam kegiatan kampus.
Jadi, dengan begitu personil menambah satu orang. Kita jadi bertiga. Meskipun ada beberapa kawan yang mengatakan "ingin" ikut dan sebagainya. Tapi pada kenyataanya mereka tidak "bisa" ikut dengan alasan yang bermacam macam. "Bisa" dan "ingin" menjadi 2 buah kata yang bisa sangat mengecoh!

Dan sekarang gw mau cerita tentang perjalanan gw yang cukup panjang ini. 8 hari kurang lebih Yogyakarta - Bali - Lombok - Bali - Yogyakarta. That was nice trip! Sambil menunggu nilai ujian yang akan keluar...


* * *

Senin, 26 Juli 2010

Mendadak Supir

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Akhirnya bangun juga dari tidur yang panjang 12 jam. Badan masih lemes dan perut kosong banget karena terakhir makan jam 3 sore kemarin pas Lomba Kenal Alam 3 yang diselenggarakan oleh Satya Soedirman.
Lomba ini terakhir diadakan sekitar beberapa tahun yang lalu, pokoknya lama deh. Nah, sekarang baru diadakan kembali atas pemikiran senior-senior sing karolot eta.

Awalnya gw gak berpartisipasi langsung banget untuk bantuin persiapan pra-kegiatan seperti mecari dana, rapat koordinasi, penyusunan acara dan sebagainya karena gw masih di Jogja waktu itu. Pas gw balik ke Bogor ini baru gw bantu-bantu walaupun cuma sedikit dan setidaknya waktu kegiatan gw berpartisipasi aktif lah.
Dan gw baru tau ternyata SS pernah dan bisa membuat kegiatan yang lumayan besar seperti ini. Peserta ditargetkan 80 kelompok yang tiap kelompoknya terdiri dari 5 orang. Berarti kalo dikalikan sekitar 400 orang lho...

Acaranya tepat kemari tanggal 25 Juli 2010 berlokasi di kaki gunung Salak dengan start di lapangan Kebon Djati (jalur masuk ke Sukamantri) dan finish di Desa Taman Sari.
Kegiatannya adalah lomba lintas alam dimana ketepatan, kecepatan, kelengkapan dan kekompakan yang menjadi kriteria peniliaiannya. Tidak hanya lomba tapi juga ada kegiatan penanaman pohon bersama dan acara ini dihadiri langsung oleh bapak Wakil Bupati Bogor, Karyawan Faturrachman yang merupakan pendiri dan angkatan pertama Satya Soedirman.

Selasa, 20 Juli 2010

Kecewa Bogor

Entah kenapa gw agak kecewa dengan kota tercinta gw ini, Bogor. Setelah menunggunya berbulan-bulan agar gw bisa pulang untuk liburan dan merasakan kembali sejuk dan dinginnya kota Bogor, tapi gw malah kecewa begini. Mungkin ekspektasi gw berlebihan kali ya kalo gw pulang ke Bogor bakal gini bakal gitu dan lain sebagainya, jadinya kecewa gw juga agak lebay.

Tapi gak apa-apa lah, mungkin memang ini wajar kalo setiap hal itu berubah seiring berjalannya waktu. Gw bukan orang yang terlalu fanatik menolak perubahan yang ada. Kalau itu baik, ya kenapa enggak untuk kita dukung dan kita terima? asal jangan perubahan ke arah yang jelek.

Dan, sebenernya ini cuma masalah kerinduan gw dengan semua kenangan semasa SMA. Yang disaat gw sedang pusing dan kesepian mengerjakan tugas-tugas yang menumpuk kuliah di Jogja, kenangan itu selalu mampir dan menyisakan rindu mendalam akan kota tercinta gw ini. Dimana gw butuh banget buat ngobatin semua ini, gw harus pulang ke kota gw ini.
Tapi gw malah kecewa, saat gw baru pulang aja gw udah langsung dapat kabar gak sedap tentang temen gw sendiri. Gila! Semua emang bener-bener harus berubah kali yah?

Gw jadi suka bingung. Seseorang pernah mengatakan bahwa, "Gantungkanlah mimpimu setinggi langit!". Seseorang lain juga pernah mengatakan bahwa, "Kalo berharap jangan terlalu tinggi, entar jatohnya makin sakit".
Kira-kira, yang mana yg bener?

Yasudahlah, the life must go on... Positive Thinking lebih baik. Cuma masalah diri sendiri yang canggung dengan perubahan.

Senin, 12 Juli 2010

El Matadore

118 menit pertarungan hebat, sengit dan sangat alot di Johannesburg sana. layaknya sebuah kiblat, semua pasang mata di seluruh dunia tertuju padanya, pertandingan final WorldCup 2010.
Saat tendangan kaki kiri David Villa hampir merobek gawang Stekelenberg, teriakan riuh gemuruh di setiap kafe dan tempat nonton bareng berlangsung.
Robben yang lolos dari 2 pemain belakang dan tinggal berhadapan dengan Casillas. Pertarungan mental yang sangat hebat. Semua penonton dalam posisi seperti menahan "berak". Teriakan kecewa dan bersyukur bercampur gemuruh seiring malangnya Robben yang gagal melakukan finishing touch.
Fabregas yang baru memasuki lapangan mendapatkan kesempatan tanpa pengawalan pemain belakang musuh dan tiba di depan gawang musuh berhadapan dengan sang kiper. Kembali seluruh penonton memasang posisi seperti menahan "berak". Dan..."Ooooouuuuhhh......" nasib Fabregas tidak lebih baik daripada Robben.

Wasit terpaksa memberikan perpanjangan waktu kepada kedua tim yang sangat keras kepala yang tidak mau mengalah ini. Stamina sudah bukan lagi sebuah urusan bila "berhala" sudah di depan mata.

Andres Iniesta bermain sangat gemilang malam itu. Saat pemain belakang musuh lengah, ungkapan yang mungkin tepat menggambarkan posisi Iniesta waktu itu adalah "Right man on the right place in the right time".
Dengan satu sepakan yang kencang saja, seantero dunia pendukung Iniesta bergemuruh riang tak bisa membendung kebahagian. 2 menit terakhir!
Sudah dapat dipastikan. Pendukung tim Oranje menunduk kecewa...

Wasit meniup peluit panjang. Sorak sorai riang gembira yang belum terhenti semakin membahana. Isak tangis kekecewaan dan kebahagiaan bercampur dalam stadion Johanessburg. 
Dan "berhala" itu pun untuk pertama kalinya seumur hidup di kecup oleh Iker Casillas dan kawan-kawannya.

THE NEW WORLD WINNER!!!


Minggu, 11 Juli 2010

Go Home !

Saat ini gw di Bogor. Setelah melakukan perjalanan liburan yang cukup melelahkan tapi menyenangkan, gw rasa gw butuh istirahat dan Bogor sangat dingin sekali bila pagi tiba. Istirahat yang bakal gw nilmatin banget. Belum lagi bertemu teman-teman lama dan bertukar cerita, ini yang juga gw nantikan sejak di Jogja.

Oiya, cerita tentang perjalanan liburan gw kemarin bakal gw posting disini, sedang dalam proses karena cukup panjang. Gw mau buat semacam jurnal perjalanan gitu deh (banyak gaya).

Oke, sekarang gw mau menikmati liburan dan istirahat di Bogor, kota dimana gw tumbuh besar dan tidak tau gimana, gw sangat kangen sama kota ini.

see ya! cheers!