Kamis, 29 April 2010

Bimbang

Di matanya, dimana aku melihat masa depan
dimana kebahagiaan tercermin seutuhnya
dimana harapan dan impian tersimpan dengan indah
semauku...

Dan sepertinya rona merah dan denyut magis-nya telah memudar.
Bagaikan peraduan surya dan bintang
namun tidak sejauh arang dan intan...
..meskipun jantung ini tetap berdenyut kencang dibuatnya


Mungkin bagimu aku sampah
bau tak tertahankan dan tidak menguntungkan
sebijak apapun dikau menolak
sungguh, semuanya bisa terlihat


Maafkan aku yang kini masih terjerat,
dan bimbang dalam kondisi


mungkin baik menyerahkannya pada waktu,
karena aku tau dia sangat bijaksana


*Just wanna be at your happy world, cause i know you're happy with your world

Senin, 26 April 2010

IMAJINASI

Pikiran dan imajinasi memang memiliki "ke-gilaan" tersendiri. Susah ditebak darimana asalnya, kok bisa seperti itunya. Pokoknya kita terima jadi aja dan nikmatin yang ada.
Kalo udah terbuai sama yang namanya imajinasi, fantasi atau khayalan atau apapun itu sejenisnya, gw berasa hidup sehidup-hidupnya. Serasa dunia ini cuma punya gw dan gw sebagai sutradara yang bebas menentukan ending dan alur cerita, bahkan menentukan siapa aktor dan aktrisnya. Tanpa biaya produksi sama sekali, bayangkan!

Tapi imajinasi, fantasi atau khayalan atau apapun itu sejenisnya, mungkin saja adalah salah satu jalan keluar dari sesuatu hal yang berada diluar logika, diluar nalar manusia biasa. Ini gak bisa di pungkiri.
Bukan berarti pengecut, justru ini merupakan "the other ways to win" (sadis gila bahasa gw...) bagi gw.
Setidaknya gw tetap berjaya, walaupun dimensinya berbeda.

*kalo kalian pikir omongan gw kagak ada juntrungannya,mending langsung di-close aja deh ya blognya, masalahnya habis ini omonga/ tulisan gw lebih kaga ada juntrungannya daripada yang diatas...maklum lagi error...

Kadang-kadang orang gak selalu bisa ngedapetin apa yang dia mau. Kadang-kadang juga orang gak selalu dapet apa yang dia mau. Nah, inilah mungkin faktor utama dari "ke-gilaan" yang mungkin gak cuma gw aja yang pernah ngalamin.
Sebenernya jatohnya kasian, tapi kalo dipikir-pikir...hmmmmm...
....kasian bangettt.....

Minggu, 25 April 2010

Kerendahan Hati

Dulu waktu ikut Pendidikan Dasar PPRPG Satya Soedirman di SMA, gw diberikan satu buah renungan yang tecantum di buku suci. Renungan yang sungguh bermakna, dan sangat memotivasi gw kedepannya setelah masa pendidikan. Yang membuat gw lebih dewasa lagi dan lebih rendah hati dalam menjalani hidup.
Kalau engkau tak mampu menjadi beringin
yang tegak di puncak bukit
Jadilah belukar, tetapi belukar yang terbaik,
yang tumbuh di tepi danau


Kalau kamu tak sanggup menjadi belukar,
Jadilah saja rumput, tetapi rumput yang terbaik
yang memperkuat tanggul di pinggiran jalan


Kalau engkau tak mampu menjadi jalan raya
Jadilah saja jalan kecil,
Tetapi jalan setapak yang terbaik
yang membawa orang ke mata air


Tidaklah semua menjadi nahkoda
tentu harus ada awak kapalnya….
Bukan besar kecilnya tugas yang menjadikan tinggi
rendahnya nilai dirimu
Jadilah saja dirimu….
Sebaik-baiknya dari dirimu sendiri

*baru gw tau kalo ternyata ini adalah puisi karangan Taufik Ismail. Dan ternyata Pecinta Alam lain juga ada yang menjadikannya renungan wajib. memang alam identik dengan kata-kata...

Ya, jadilah saja dirimu, sebaik-aiknya dari dirimu sendiri. Kata-kata ini yang paling nempel di otak gw. Menyatu dengan semua hal yang udah pernah gw dapet.
Pak Agus guru les gw pernah bilang, "Jangan liat kiri kanan, pikirin aja diri kamu sendiri!"
Bagi gw, ini cukup bener dan rasional.

Terimakasih Pak Taufik Ismail atau siapapun yang telah merangkaikan kata sedemikian bermaknanya. Terimakasih juga Satya Soedirman atau siapapun yang telah menempa-ku sedemikian rupa.
Untuk alam, dan petualangan menembus batas serta udara tipis dan kebersamaan tak terduga.
Aku sungguh rindu kalian....

Phunsukh Wangdu

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Ada yang pernah denger Phunsukh Wangdu? (mudah2an gw gak salah penulisan namanya)
Dia itu tokoh dalam film produksi India judulnya 3 Idiots. Salah satu film yang gw acungin jempol, sampe jempol kaki gw dah...
Ceritanya tentang 3 mahasiswa India yang menuntut ilmu di Universitas teknik di India. Karena ini film India, jadi siap2 buat joget dah, soalnya pasti ada selip-selipan nyanyi2 gitu da joget ala India juga.
Tapi gak boong, ini film bagus banget! kalo kata orang Bekasi, ini film danta abis!
Kenapa gw bilang begitu? soalnya dalam film ini kalian bakal nemuin segala hal, sedih, lucu, pelajaran moral, pengetahuan dan lain-lain. Makanya gw gak berenti-berenti pas nonton film ini untuk bilang salut sama sutradaranya. Biar lebih jelas, nonton aja filmnya, 3 Idiots.

Sabtu, 24 April 2010

Tidak Habis Pikir

Sampai dimana perjalananmu, kawan?
kenapa hendak berbalik dan mengulangnya kembali?
kiranya apa yang hendak kau rencanakan?
tak habis pikir kumemikirkan, kawan...

Teganya, sungguh teganya dikau, kawan
membuat dirimu seolah mati, kau pikir menawan?! lucu?!
Tanggung jawab, kawan...
dikau harus  ber-tanggung jawab...

Aku ingin membuatmu senyaman mungkin,
maka layaknya burung Albatros terbang di tepian pantai
jadilah dirimu sendiri...
Aku tidak peduli..


Orang bilang, "tidak ada yang sia-sia di dunia ini"...
Aku setuju, karena aku menganggap hidup ini adalah sebuah kesempatan
ya! kesempatan, kawan!
dan, mungkin ini kesempatan-mu..

Jumat, 23 April 2010

Penat, Refreshing, dan Tanggal Tua

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Hari sudah seminggu setelah UTS berakhir. Serasa lama ga posting disini, padahal baru 2 minggu-an. Mungkin karena UTS yang penat dan berakhir dengan liburan yang menyenangkan.

Oiya, kemarin pas banget setelah UTS berakhir, gw kedatengan tamu dari Bandung, Eca dan Fuad. Mereka ke Jogja berniat liburan gitu deh, dan gw otomatis harus menjadi guide mereka. Gw anter mereka belanja di Malioboro, sampai nikmatin mantep-nya Kopi Joss.


Eh, ternyata temen-temen kita di Bandung yang lain pada ngiri ngedenger kabar kalo Eca & Fuad liburan di Jogja. Langsung deh Cecen, Uyung dan Iklas yang merasa iri itu berangkat ke Jogja naik kereta ekonomi dengan iaya yg cukup murah, 25 ribu rupiah aja! dan kalian tau? Iklas gak berenti ngomongin tentang kenyamanan di kereta ekonomi ini sepanjang liburan....dasar pangeran SMANSA...
Pas mereka nyampe Jogja (Cecen Uyung dan Iklas), otomatis tamu bertambah jadi 5 orang. Otomatis tempat tidur semakin sempit.
Nah, si Eca ini pengen banget jalan-jalan ke pantai, gara2 dia udah keterima kuliah di ITS, dia pengen liburan dan seneng-seneng. Gw ajak mereka ke pantai Sundak dan Sadranan. Kita gak berenang di pantai waktu itu karena kita kesorean. Tapi kita gak rugi karena dapet sunset yang indah nian. Setidaknya cukup, bahkan lebih untuk melunasi ke-penat-an UTS dan ke-penat-an lainnya...


Pokoknya mereka kita ajakin wisata banget deh menikmati Jogja. Dari matahari terbenam di pantai Sadranan, sampai gemerlap dan remang-remang malioboro. Dari "jahat"-nya warung Burjo, sampai hangatnya Gudeg Pawon yang baru buka jam 11 malem tapi udah tutup jam 1 pagi. Prambanan pun jadi saksi kalo mereka-mereka ini pernah ke Jogja..hihi



Wah, pokonya liburan yang asik deh bareng temen-temen. Capeknya bener-bener gak kerasa kalo udah bareng temen-temen gini.
Andai setiap weekend bisa kayak gini.... :berharap:
Tapi, kenyataannya kalo jadi mahasiswa teknik Sipil ya mau gak mau harus dibiasain sama kerja keras. Coba tengok lah tugas laporan Mekanika Fluida yang belum juga rampung (baca: beres), baru aja kemarin di-ACC sama asdos terhebat kita, Mas Nugroho. Yang bikin gw begadang sampe pagi dan mbolos kuliah beberapa hari. Eh, sekarang udah dateng lagi tugas besar baru. Teknik Lalu Lintas. Tadi sore baru aja gw survey perempatan MM UGM buat tugas ini. Ya Allah...berat nian bila hendak menjadi sarjana teknik sipil ini...

Belom lagi sekarang kal ngeliat kondisi dompet. Tipis setipis-tipisnya. Makan sehari cuma 2 kali malah kadang-kadang sekali aja. Jatah tinggal 100 ribu sampe tanggal 30 nanti. Ck ck ck...

Sabar aja yaaa cky... kalo semua kamu jalanin dengan ikhlas dan degan senyuman, kamu pasti bisa menghadapi ini semua...

Suara bijk yang tak tau darimana asalnya ini sudah lumayan cukup membuat gw kembali bersemangat menghadapi dunia ini.
Huaaaaah....cukup lah postingan kali ini.

Oiya, gw belo cerita soal boneka Horta pemberian Mega waktu itu. Sekarang dia udah gw kasih nama. namanya Piggy. haha lucu kan?
dan rambutnya sekarang udah tumbuh dan semakin hari semakin cepat pertumbuhan rumputnya...


Semoga boneka ini bisa menjadi teman yang baik ^^

Minggu, 11 April 2010

Pesona

Satu rasa telah hadir,
terpendam di diri temukan isi diri
Akankah bersemi dua rasa bergelora menjadi satu asa

Hapus segala rasa ragumu itu
Aku ingin kamu pun rasakan sama...

Adakah rinduku di hatimu?
seperti rindu yang kurasakan
Akankah kau berikan hatimu?
dan kita kan slalu bersama
Kau jadi bagian hidupku...

Pesona jiwamu, hadirkan segala emosi jiwa
Tak pernah terpikir untuk dapatkan binar indah matamu
pesona jiwamu..

Hapus segala rasa ragumu itu
Aku ingin kamu pun rasakan sama...

Adakah rinduku di hatimu?
seperti rindu yang kurasakan
Akankah kau berikan hatimu?
dan kita kan slalu bersama
Kau jadi bagian hidupku...

Pesona - Closet 38

Horta & OrangUtan

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Kemarin siang pas gw balik dari makan siang, si Huda (penjaga kos), manggil gw. Tumben...

Huda : "Cky.."
Gw : "Kenapa, Da?"
Huda : "Namamu siapa?"
Gw : *pertanyaan bodoh.. , "yaa Arcky lah..gimana sih lu.."
Huda : "mmm...Archyuda Farchan bukan? tuh ada kiriman.."

Gw langsung ambil kiriman dan gak salah...Paket dari Puspita Mega Lestari Effendi.
Gak sempet gw foto bungkusnya karena keburu gw buka (semangat banget bukanya).
Alhamdulillah dapet kiriman dari kekasih tersayang, jadi seneng banget.

Pas gw buka ternyata isinya Boneka Horta dan Kaos Orang utan ukuran XXL.
Gw gak tau maksud si Puspita ini ngirim hadiah bertema binantang begini, tapi yg pasti ini semua dalam rangka 17 bulan sudah hubungan kita bersama yang jatuh pada tanggal 8 kemarin lusanya.



Biasanya dulu waktu kita di Bogor, dari mulai sebulan kita pacaran kita selalu tukeran kado tiap tanggal 8. Untuk merayakan tanggal kita jadian. Peraturannya kado gak boleh lebih dari 10 ribu rupiah harganya.
Kebiasaan ini cukup membuat kreatifitas gw bertambah karena tiap tahun kado dari gw pasti erbeda dan gw membuat dan merangkainya sendiri kebanyakan.
Jadi seharusnya gw udah ngasih dan dapet 17 kado sampe sekarang, tapi waktu itu karena kita udah terpisah jarak yg cukup jauh, jadi tukeran kadonya kita ganti aja dengan kado maya yang gak kelihatan.
Nah, beda dengan kemarin. Si Puspita mungkin udah rindu sama kebiasaan kita dulu. Jadi dia ngirim kado ke gw deh meskipun gak pas tanggal nyampenya.
Sayangnya, dia gak bilang-bilang mau ngasih kado, jadi gw yang malah gak ngasih kado :(
maaf ya sayang...



Oiya, pas gw buka dan gw tau kalo Mega ngasih boneka Horta, gw langsug inget kalo dulu gw juga pernah mau ngasih dia boneka Horta. Pada waktu itu boneka Horta mungkin belum se-beken sekarang. Muter-muter gw nyari boneka tapi pada tutup tokonya di daerah IPB, soalnya emang cuma disekitar IPB yang produksi dan jual boneka Horta. Sekalinya ketemu toko yang buka, eh barangnya gak ada dan baru akan datang seminggu lagi barangnya, padahal tanggal 8 waktu itu sekitar 3 hari lagi. Akhirnya gw harus muter otak untuk berkreasi sendiri.
fyi : kalo sekarang, di toko buku di Jogja aja ada yg jual boneka Horta

Pokoknya makasih ya sayang kadonya.. tapi kenapa boneka Hortanya yang bentuk B*bi? terus kaosnya orang utan? huhuhuhu...

Selasa, 06 April 2010

Euforia Tersembunyi

Gw gak habis pikir. Gak ada alasan untuk memaparkan ini semua.
Yang jelas, gw telah jatuh, terteperangkap, larut...dalam euforia pikiran gw sendiri yang hanya ada di antah berantah yang gw pun gak pernah tau.
Harap selalu menguap, embun selalu tersaji
memilikinya penuh syarat, yang tak pernah terpenuhi...
Atau mungkin semua harap hanyalah sebuah ilusi?

Ah, kehidupan sungguh sebuah misteri yang sulit untuk dikira
Hari ini berlinang emas, satu jam berikutnya bisa jadi berlinang darah
Biarkan, biarkan semuanya terekam khusus disini, didalam hati ini...
karena,
takkan pernah ada yang tahu, selama engkau mau,
mimpi itu kan jadi milikmu...

Ujian Terlalu Santai

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Hari pertama UTS telah gw hadapi. Masih ada yang lainnya. Semangat juga gak boleh luntur.
Target telah ditetapkan, rintangan siap menghadang, lengan baju dising-singkan,
perjuangan, doa, harapan...

huuuaaaahhh....lelah juga otak kalo di operasikan terus menerus. Beres belajar bareng sama mahaguru-mahaguru kelas gw. Gw bersiap balik dari KPTU.
Saat menaiki motor dan menengadah ke atas gw melihat langit.
Subhanallah, indah...
Bintang-bintang bertaburan dimana-mana.
Terimakasih ya Allah, Engkau memang paling pengertian...
Saat raga sudah lelah, pikiran goyah, bahkan semangat mulai payah, tapi pemandangan yang Kau berikan malam ini sudah lebih untuk mengobati itu semua.
Seakan diri ini ter-refresh... 


Bintang-bintang di langit
Menyimpan sejuta misteri
Berkedip-kedip bermain mata
Seolah mengajak kita berkenalan lebih dekat

Bintang-bintang di langit
Memiliki sejuta rahasia
Membentuk gugusan indah
Menerangi langkahku disetiap malam terang

Bintang-bintang di langit
Namamu indah
Canopus......Capela......Vega......

Pancarkanlah sinarmu
Terangilah jalanku....

Sherina - Bintang

Lagu ini yang kemudian hinggap di pikiran gw. Adem deh rasanya...^^
Kayaknya tidur gw kali ini bakal indah...Aamiin...
Udah lama gak mimpi indah, tapi ya alhamdullillah masih bisa tidur nyenyak...

Besok UTS Analisi Tegangan Regangan dan Deformasi (3sks), Target : A.
Yaa Allah aku mohon berikanlah hamba-Mu ini ketengan dan kemudahan serta kelancaran dalam mengerjakan soal UTS besok dan seterusnya, hamba mohon agar semester ini IP hamba diatas 3 yaa Allah...3,8 tepatnya yaa Allah...
Sungguh, hanya kepada-Mu lah aku berdoa dan hanya kepada-Mu lah aku memohon...
Aku mohon..kabulkanlah doa-ku...
Aamiin...



Minggu, 04 April 2010

Iya po??

Akhir-akhir ini, gw sering banget ngucapin "iya po?"
Gak tau kenapa, cuma kayaknya enak banget dimulut kalo ngomong kata kata "iya po?"
biasanya kata-kata ini gw keluarin kalo ada yang mengeluarkan statement atau pernyataan lain, dan agak kurang yakin dengan pernyataan itu bahkan gak tau. Maka setiap dalam situasi seperti itu telinga gw mentransfer semuanya ke otak dan memproses-nya, secepat kilat input langsung terkirim ke lidah dan keluar ucapan, "iya po??" dengan nada yang agak dipanjangkan pada bagian akhirnya. Aduh enak banget deh..

Fyi : "iya po?" itu artinya kalo dalam bahasa Indonesia (karena itu dari bahasa Jawa) mungkin sama kayak "iya apa?", atau "iyakah?", atau mungkin "masa sih?" dan lain-lain untuk meyakinkan si pemberi pernyataan karena si penanya kurang yakin atau tidak tahu dan tidak percaya..
*iya po?? tenane'??

Contoh kasus :
Seseorang : "Eh, gw baru beli baju,celana, tas dan macem-macem di Kickfest donk kemarin..murah-murah lho.."
Gw : "Iya po??"

Sahabat Gelombang

Bismillaahirrahmaanirrahiim...

Alhamdulillah weekend kali ini gw bisa refreshing  se-refresh-refresh-nya.. Setelah merencanakan liburan dari hari senin, karena Jumat ternyata tanggal merah, gw dan Philip punya ide untuk liburan camping di pantai Sundak. Liburan kali ini harus dipuasin soalnya minggu depan udah UTS, jadi hari Kamis-Jumat liburan, Sabtu-Minggu belajar deh..(maunya..)
Rencana awal gw peserta yang ikut dalam rencana hanya sekitar 5 orang yaitu Philip, Gw, Mas Prima, Bagus, Abdu.
Tapi seiring berganti hari mendekati hari-H, peserta berguguran. Mas Prima sibuk tugas, Abdu mau ke Solo dan Surabaya nonton Persebaya.
Sampai akhirnya di hari-H (Kamis, 31/03/2010) belum ada titik terang apakah liburan ini bakal terus dijalankan. Males juga kalo cuma bertiga gini.
Males-malesan karena dalam pikiran gakjadi liburan.

Akhirya, nampak secercah harapan, kira-kira jam 6 sore, Abdu SMS gw.
Abdu : "Cky, jadi ke pantai gak lu?"
Gw : "Jadi, kenapa emang? lu gakjadi ke Surabaya?" (gw agak berbohong berharap si Abdu menggagalkan rencananya ke Surabaya^^
Abdu : "iya gakjadi, berangkat jam berapa? gw nyusul deh"
Gw : Nice!!!!, "oke berangkat jam 9 malem ya, gw ada asistensi dulu di kampus"

Gak habis pikir, akhirnya rencana tetep isa berjalan, apalagi sekarang nambah personil cah-cah Solo.

Asistensi memang kegiatan yang paling agak gw tidak suka, apalagi kalo asistennnya mas NM.Setyo Nugroho, beuh! yang ada dongkol dah diasistensi sama dia.
Tapi kadang-kadang orangnya asik dan enak diajak ngobrol tentang masalah perkuliahan.
Sambil nunggu anak-anak yang dari Solo menuju ke Jogja, gw asistensi.

Yang lucu, rencana jam 9 berangkat, sedangkan jam 9, gw masih sibuk ngebenerin kerjaan gw di KATS. Dan asistensi beres sekitar jam 10 malam. Abis itu juga gw gak lagsung pulang ke kos, tapi makan dulu sama temen sekelompok gw. Alhasil sampe kos sekitar jam 11 malam.

Sampe kos, anak-anak yang dari Solo udah pada dateng. Ada Panji, Tegar, Abdu. Dan itu pun gak lagsung berangkat. Kita masih ngobrol-ngobrol dulu.Nungguin Dika Bojong dan Egi yang baru berangkat dari Solo.
Sampai akhirnya gw beres packing akhirnya kita berangkat juga.Kit janjian di Prambanan sama si Dika Bojong dan Eri.
Oke, Kompor misting udah siap, tenda dan baju ganti juga udah gw masukin ke tas. Berangkaat...

Dari Prambanan kita bergerak menuju selatan ke arah Wonosari.
Masuk ke Gunung Kidul jalanan sudah mulai menanjak dan berkelok-kelok, belum lagi sangat gelap.
Setelah menuruni perbukitan kita menemui kabut malam yang sangat lebat dan cukup dingin. Sarung tangan gw aja sampe basah. Gw gak tau pasti kenapa bisa kabut setebel ini padahal ini sudah bukan daerah tinggi lagi, sudah deket pantai maksud gw. Analisa gw sih karena kita dalam posisi di lembah dimana angin sangat kencang disitu. Ini cuma analisa lho..^^
Tapi semakin lama didalam kabut, semakin tercium aroma pantai.
Gak salah, gak lama dari itu kita akhirnya sampai di pantai Sundak.