MERDEKA (?)


Ini bendera merahputih yang dipasang di rumah gw. Agak terharu gw ngeliat bendera ini kebasahan ditengah hujan yang lebat mengguyur Bogor. Kebayang perjuangan Jenderal Sudirman, Imam Bonjol, Pangeran Diponegoro, Bung Karno dan pejuang-pejuang lain yang sedang memperjuangkan kemerdekaan negara yang sedang kita singgahi ini, yang membesarkan kita ini dan menghidupi kita ini. Kita gak akan bisa seperti ini tanpa perjuangan mereka.

Mungkin yang ada di pikiran para pejuang itu hanyalah, "Jangan sampai anak cucu ku merasakan apa yang aku rasakan kini (dijajah), maka sampai titik darah penghabisan pun aku akan berjuang". Karena memang cuma itu pilihan yang mereka punya. Kalo gw hidup di jaman penjajahan pun mungkin gw juga akan melakukan hal yang sama dengan mereka.
Berguyur hujan, bermandikan lumpur, luka dimana-mana. mungkin itu semua tidak sedikit pun menyurutkan keinginan yang sungguh mulia itu. Mirip dengan bendera di balkon depan yang sedang gw pandangi ini.

Sampai perjuangan mereka pun membuahi hasil. Bung Karno memproklamasikan kemerdekaan dan impian para pejuang pun semakin terwujud. Meskipun si penjajah datang kembali karena tidak terima, tapi karena para pejuang semakin kuat, mereka pun (penjajah) lari pulang ke asalnya.

Para pejuang mungkin juga semakin tersenyum karena tanah yang mereka perjuangkan bisa mereka nikmati beserta anak cucu mereka. Bahkan bisa menghidupi negara lain yang meng-impor beras dari Indonesia. tanh ini semakin perkasa dengan berdirinya gedung2 bertingkat dan teknologi yang kian maju.

Tapi liat kini, entah bagaimana raut wajah para pejuang itu. Korupsi dimana2, pengangguran merajalela, orang miskin makin kurang sejahtera. Kenapa? kenapa? kenapa kita tidak bisa menjadi seekor "Macan Asia" lagi? kenapa korupsi kita paling tinggi?
ah, sudahlah..gw gakmau terlalu tenggelam sama ini semua.

Namun, dibalik bendera yang gw pandang sekarang, gw masih bisa melihat bahwa masih ada setitik cahaya harapan yang dapat membuat para pejuang ini kembali tersenyum dan bangga. Hujan pasti akan berhenti...
Seperti yang dikatakan R.A. Kartini "Habis Gelap Terbitlah Terang"

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iya po??

Journey to The East (Cerita Perjalanan Backpacking Flores) - 2

Natasa