Sabtu, 19 Juni 2010

Dream, Do and Pray

Minggu pertama Ujian Agak Santai telah usai. Belom, ini belom berakhir sepenuhnya! Aiih...betapa sedihnya..
Tapi gw harus tetep fight buat hadepin itu yang namanya UASu...Astaghfirullah..
Baiklah, saya mau bercerita tentang seminggu yang agak menyebalkan, penuh semangat dan penuh perjuangan.

#Hari Pertama : Geomatika
Gw gak terlalu belajar banyak, karena gw merasa udah mengerti cara penyelesaian nya soalnya gw kemarin ngerjain tugas yang dikasih sama asisten dosen yang gagah perkasa itu. Dan ketika ketemu itu yang namanya soal UAS, gw diem sebentar.
"Alamak, model soalnya beda sama yang gw anggap bisa!"
Dengan jurus lika-liki tepan-tebel alias lirik kanan lirik kiri dan tengok depan tengok belakang, gw berhasil mengerjakan soal geomatika itu sekenanya. -_-
Ujian beres, okelah kita serahkan kepada Sang Maha Kuasa apa yang telah kita usahakan.
Dan otak ini harus beristirahat sejenak sebelum nanti malamnya bersiap-siap lagi untuk "melendut".

#Hari Kedua : Analisis Tegangan Regangan dan Deformasi
Semalam sebelumnya gw belajar gak belajar bareng siapa2, gw cuma belajar sendiri di kosan. Baca-baca bahan tentang Torsi, Lendutan, Kolom Tekan. Dan mencoba me-review soal-soal yang udah dikerjain.
Merasa udah cukup dan otak sudah mentok, maka laptop dibuka dan lanjutin Plant Vs Zombie, hahahaha.
Sebelum ujian dimulai jam 10, gw mencoba untuk berbagi ilmu dulu, eh kebalik maksudnya menimba ilmu lagi ke kosan temen gw si Neil dan ternyata disana juga udah ada Ipong Teguh dan Jeffry yang saling bertukar pikiran. Oke dari sini gw dapet ilmu satu tentang Lingkaran Mohr.
Ujian Dimulai, Oh my God! Soal cuma ada 4, diberi kebebasan untuk mengerjakan 3 saja. Soal tentang Kolom tekan, Analisis Tegangan Regangan(LingkaranMohr), Lendutan, dan Torsi. Tapi model soalnya kacau! itu masalahnya. Jurus lika-liki dan tepan-tebel gw juga belom cukup dewa soalnya susah bgt yang namanya ngelirik angka-angka, apalagi yang tulisannya kayak tulisan dokter. Bisa sakit jiwa mata gw nanti. Dan akhirnya beres juga soal-soal itu gw kerjakan selama 120menit sekenanya.



#Hari Ketiga : Peng. Geologi Teknik
Hahaha. Maaf gw ketawa sebelum waktunya.
Jadi gini, sebenernya waktu UTS beberapa bulan yg lalu itu gw gw udah menganalisis soal-soal yang bakal keluar kalo mata kuliah PGT(Peng.GeologoTeknik) ini. Jawaban semua pasti ada di buku referensi karya si bapak dosen. Dan gak kira-kira, 1 soal aja bisa abis 1 halaman lembar jawaban kali. Soalnya persis sama kayak yang di buku jawabannya, ibaratnya copy-paste lah.
Dan dengan kondisi gw yang setiap ujian belajar H-1 terus, ini gak mungkin buat ngapalin dan memahami kurang lebih 4 bab didalam buku itu. Ini bagian yang bikin gw ketawa, jadi dengan bermodal soal-soal UAS 3 tahun lalu, gw cari kesamaan soal yang kira-kira bakal keluar, dan gw cari jawabannya di buku. Sambil gw mahamin dan ngapalin, sambil gw catet juga pake font ukuran terkecil yg gw bisa di beberapa lembar kertas A80 (mana ada! pokoknya kertas kecil2 lah).
Pertanyaannya, kertas itu untuk apakah?
Oke kita lanjut cerita dulu.
Semaleman gw abisin buat bikin replika buku Pengantar Geologi Teknik di kertas kecil-kecil terus gw lipetin dan gw masukin tempat pensil.
Ujian dimulai, dan tepat saja! soal-soal sesuai prediksi. Gw kerjain dengan santai...^o^
Kalo mentok, tinggal buka tempat pensil dan gw bukain satu-satu itu kertas yg gw bikin semalem.
Dan kalo mau tau, 99% gw kerjain soal dengan bantuan kertas2 itu! huahahahahaha
Mungkin di satu sisi ini licik, tapi kalo diliat dari sisi lain, bagi gw ini cukup cerdik! isn't it?
yasudahlah..

#Hari Keempat : Mekanika Fluida
Kalo gw boleh cerita, ini mungkin bisa disebut ujian gw yg paling jujur seumur gw kuliah di Teknik Sipil. Dan insya Allah hasilnya juga mudah-mudahan memuaskan. Dan ini juga dikarenakan gw belajar penuh semaleman dan berguru juga ke temen gw yang namanya Neil.
Gw gak tau kenapa gw lebih mudah memahami materi Mekanika Fluida ketimbang ATRD. Padahal minat awal gw struktur.
Ujian dimulai, alhamdulillah model soal seperti yang pernah dikerjakan. Dan alhamdulillah gw lancar mengerjakan juga, hanya saja tersendat 1 soal tidak terjawab karena kecerobohan gw.huhu
Ada yang bikin keren dari ujian Mekanika Fluida. Prof. Ir. Djoko Legono alias dosen pengampu Mekanika Fluida meperbolehkan mahasiswa mengerjakan menggunakan alat hitung apa saja, termasuk Microsoft Excel.
Terlihat norak sih, tapi gw gak bisa bohong kalo ini cukup keren! mengerjakan ujian dengan laptop terbuka di meja kita. waw!

*Dasar norak, lagi ujian sempet-sempetnya ambil gambar!*

#Hari Kelima : Istirahat
Oke beres, kita istirahat di hari Jum'at yang seperti biasa panasnya.
Seharusnya sih sudah beres untuk minggu ini UASu-nya, tapai ternyata jadwal UAS Matematika I hari Sabtu, ya barusan saja tepatnya tadi pagi jam 08.00. Yaah lumayan lah istirahat sehari.
Perjalanan masih panjang, sob...

#Hari Keenam : Matematika I
Semalam sebelumnya gw ikutan nimbrung yang lagi pada belajar bareng dikosan si Ryan. Kita belajar soal-soal kuis yang udah pernah dikerjain, kali ini guru-nya adalah Mr. Elphan dari Lombok dan dia tidak sebesar gajah meskipun namanya hampir mendekati.
Kita belajar Derivatif dan Integral. Sebenernya ini udah kita dapetin waktu SMA tapi ini setingkat lebih sulit dari yang di SMA. Masalahnya bukan disitu aja, percuma kalo ngerti tapi jarang latihan. Cepet lupanya. Nah, itu yang terjadi sama gw sekarang. Rasanya pengen balik ke 1 tahun lalu pas otak gw masih encer ngerjain macem2 soal matematika dari Pak Agus.
Oke, gw rasa udah cukup belajarnya, gaktau deh kalo ketemu soal yang berbeda, bisa ngerjain apa kagak. Yang penting setidaknya gw berusaha daipada diem aja gak ngapa-ngapain.
Ujian dimulai...
setengah jam pertama gw cuma bisa ngerjain 8 soal dari 18 soal. Ya ampun, ada 2 soal yang gw lupa banget penyelesaiannya padahal baru tadi pagi gw baca. Terpaksa nanya kanan.
"Ssst..Di, nomer 2.b. jawabannya?"
"Nih.."
Waduh, langusng tercoret deh kemurnian ujian kali ini.huhuhu
Setengah jam berikutnya gw masih berkutat dan baru beres 10 soal. Nah tinggal 8 lagi tapi waktu udah tinggal 1jam.
Alhamdulillah hidayah datang, dan gw kerjain itu semua dengan sisa waktu yang ada. Lancar, alhamdulillah Maha Besar Allah. Kalo minta apa aja ke Allah pasti dikasih deh, gak pake bohong.
Dan akhirnya beres sudah semua sudah diisi. Tinggal menunggu hasilnya..Alhamdulillah...

Oke, perjuangan masih belom berakhir bos..istirahatkan otakmu sejenak biar tidak terjadi lendutan dan buckling atau semacamnya. Tetap belajar, berusaha dan jangan pernah lupa untuk berdoa.
Semoga hasilnya memuaskan yaa Allah. Aamiin.
Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka mengubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri...
At-Taubah : 115
Dream, Do, and Pray...


cheers!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar