Minggu, 27 Juni 2010

GOOOLLL...!!!!

ALHAMDULILLAH.....

Ujian Agak Santai (baca: cobaan) akhirnya berakhir sudah. 2 minggu yang cukup menguras tenaga. Semua tenaga dan amunisi sudah dikeluarkan semaksimal mungkin insya Allah, dan sekarang tinggal berdoa agar semua hasilnya baik dan baik dan baik...aamiin.

Baiklah, sekarang gw mau ceritakan bagaimana perjuangan menghadapi UASu seminggu kebelakang. Hari-hari yang begitu mendebarkan. Seumur hidup, apalagi di SMA gw gak pernah setegang ini menghadapi yang namanya UAS dan gak pernah sebegitu girangnya menunggu saat-saat liburan. Entah kenapa ketika menjadi mahasiswa seperti sekarang yang namanya nungguin liburan itu geregetan banget! Liburan itu seperti halnya sebuah gol yang terciptakan dari tim yang kita dukung ketika melawan musuh bebuyutannya (nyambung, mentang-mentang lagi world cup), ya! liburan bagi gw yang seorang mahasiswa teknik sipil ini adalah sesuatu yang sangat dinantikan dan diharapkan, dan sungguh benar-benar LANGKA.
Seperti filosofi "gol" yang gw bicarain tadi, sebuah gol tidak akan tercipta tanpa usaha yang begitu keras, betul tidak? Nah, ini yang mau gw ceritain, seminggu perjuangan terakir sebelum liburan.

#Hari Pertama : Teknik Lalu Lintas
Seperti biasa, hal-hal yang bersifat hafalan gw pasti bikin catetan kecil di kertas terus gw taro di tempat pensil buat jaga-jaga. Setelah menganalisa soal-soal tahun sebelumnya tentunya. Dan berhubung mata kuliah TLL ini 60 persen hitungan dan sisanya hafalan, jadi gw buat deh catetan kecil di kertas seperti biasa. Yang hitungan, g belajar sama temen gw si Elpan sore sehari sebelum ujian.
Boleh dikatakan lancar lah untuk ujian mata kuliah ini. Mudah-mudahan hasilnya baik. aamiin...

#Hari Kedua : Matematika II
Nah, ini dia biang dari segala biang... Konon katanya mata kuliah ini adalah mata kuliah tersulit di semester 2 ini. Dan betul saja, belom lagi dosennya yang mengajar dengan mulut seper-empat kebuka, jadi terkadang apa yang dia ucap agak kurang sinkron sama yang mahasiswa tangkep. Dan sebenernya bahan ajar MTK 2 ini sesungguhnya berbobot 4 sks! tapi pada kenyataannya jatahnya hanya 2 sks di teknik sipil! Gak ada yang lebih menyedihkan dari ini lah...
Maka dari itu, gimana nasib seorang gw? yaaah..ente semua tau lah, gw udah sering bilang kalo gw belajr itu H-1 terus, sisanya pake ilmu yang nyangkut dikit-dikit waktu kuliah. Maka dari itu yang namanya Pengali Langrange, Laplace, Persamaan Diferensial Homogen, Eksak, bla bla bla...itu harus gw kuasain sehari! eh, salah deng..semalem maksud gw. ya! semalem! soalnya gw kemarin belajar cuma malem doang karena siangnya gw istirahat. Panas nih otak asal ente tau.
Nah, pas ujian mulai. Parahnya, gw duduk di depan! Dan ente semua tau lah apa yang terjadi. Dari 3 soal, gw cuma bisa menyelesaikan 1 saja! terus satu soal lagi gw lirik kanan lirik kiri. Dan sisanya gw pasrahin sama Yang Maha Kuasa.
Gw udah pesimis banget deh sama nilai MTK 2 gw ini. Sungguh. Dapet B aja gw udah seneng dan bersyukur banget kali ya. Janji deh gw bakal cukur bulu ketek gw kalo MTK 2 gw dapet B. Janji.
Ya sudahlah. Gw pulang ke kosan dengan badan seperti habis main badminton 15 set lawan Lin Dan sama Taufik Hidayat.
Yowis ben, nek apik yo alhamdulillah, nek mboso' yo didadik'e pelajaran ben apik kedepannya

#Hari Ketiga : Ilmu Lingkungan
Entah kenapa gw dapet tempat duduk akhir-akhir ini selalu di depan. Kalo mau positive thinking sih mungkin Allah membuat gw untuk menjauhi yang namanya kecurangan dalam ujian. Iya, mungkin saja seperti itu, karena memang itu yang terjadi, gw kagak nyontek, dan alhamdulillah ngerjain sendiri coy!
Duh si arky ko makin hari makin ganteng aja yach...
 Dan untuk kesekian kalinya minat gw tercolek oleh bidang hidro. Gw masih bingung untuk menentukan bakal kemana nanti konsentrasi gw, apakah di bidang struktur, hidro atau lalulintas. Minat awal sebenernya di struktur, dan entah mengapa seiring berjalannya waktu, apalagi setelah ketemu mata kuliah Ilmu Lingkungan ini, gw amat tertarik dengan hal-hal yang berbau environment, dan memang isu yang paling nge-trend saat ini ya memang lingkungan. Tapi rata-rata ahli lingkungan di sipil adalah orang-orang di bidang hidro/air, jarang yang bidang struktur. Justru image-nya struktur malah bertentangan dengan lingkungan.
Yasudahlah, kalo kata Om Eric Martin sih , "Going where the wind blows" aja deh ya...

#The Last Day : Statistika & Probabilitas
Berhubung dosen statistika gw baru mengajar di teknik sipil, maka belom ada referensi soal ujian akhir. Dan ini adalah sebuah masalah bagi gw, mengingat intensitas hadir kuliah statistika gw yang seperti orang nyebut gw kurang ganteng, alias sangat jarang banget gw masuk kuliah statistika. Penyebabnya adalah kuliah statistika masuk jam 07.15, you know lah...
Gw mau belajar sama temen-temen juga gw kasian sama mereka, gw gak mau gaggu belajar mereka. Jadi akhirnya gw putuskan untuk foto kopi bahan dari temen. Agak aneh memang kedengarannya, saat-saat injury time seperti ini baru motokopi bahan? ckckck *geleng-geleng*
Yah, begitulah. Beres fotokopi langusng dah gw pelajarin itu semaleman. Oiya, alhamdulillah setidaknya gw belajar. Jadi inget waktu SMA, yang namanya ulangan ato ujian apapun kagak pernah belajar gw. 
Dan akhirnya ujian mulai. Tegang bercampur seneng karena setelah beres ujian ini segala penat harus dibuang sejauh-jauhnya, rasanya pengen teriak sekeras-kerasnya dan terjun dari ketinggian 1km terus nyemplung ke laut dan bergerak gerak gak karuan melampiaskan segala penat dalam diri ini. Dan itu masih 2 jam lagi, masih ada sesuatu yang harus dituntaskan, here we go...
4 soal, open book, alhamdulillah lancar. Sang Maha Baik selalu memberikan kelancaran dan kemudahan dalam setiap kesulitan seperti apapun.
2 jam berlalu, dan...
...seperti tendangan yang sudah dinantikan dari awal...

GOOOOOOOOOOOOOOOOOLLLLLLLLLL.........!!!!!!

2 komentar:

  1. assalamualaikum, a'arcky!
    a'arcky itu teknik sipil sama kayak a'bagus juga toh?
    baru tau tuti, hehehe..

    waaw, pelajarannya dahsyat2 a!
    tadinya tuti sempet kepikiran mau teknik sipil ugm loh a..
    bahkan udah sempet nannya macem2 ke a'bagus..
    tapi gak jadi, hehehe..

    mohon doanya dapet tempat terbaik ya a :D

    BalasHapus
  2. wa'alaikumsalam tut...
    iya gw kan sekelas sama si bagus.
    iya, kalo kagak doyan ngitung, kayaknya bakal keteteran disini. Tugas juga seabreg2...

    kenapa gakjadi tut?

    iya, gw doakan selalu yg terbaik untuk adikku..:)

    BalasHapus