Kamis, 18 Maret 2010

Hakikat Sebuah Nama

Bismillahirrahmaanirrahiim...

Jadi gini ceritanya, sore tadi itu gw niatnya mau kuliah Matematika I. Sebelumnya sekitar jam 1 gw nonton basket di UII antara sipil UGM dengan sipil Atmajaya, sayang UGM harus kalah hanya berbeda 1 angka!
balik dari nonton basket gw ke kosan, itu sekitar jam 2-an lah. Jadi gw nabgisin waktu dulu dikosan sambil nunggu waktu kuliah MTK nanti jam setengah 4. Tapi, saat gw udah siap mau berangkat langit mulai mendung alamat akan hujan. Dilema dalam otak gw, "berangkat...enggak...berangkat...enggak........mmmmm".
Sejenak gw berpikir, " Lintang aja bersepeda 30 km buat sekolah, masa gw cuma ujan doag kagak masuk kuliah?"
Rasa malu serentak merasuki tubuh gw, tapi setelh itu justru gw langsung bersemnagat untuk berangkat kuliah. Dan, gw putusin untuk berangkat kuliah, mumpung masih mendung...*tarik gas*



Sampai dikampus ternyata hujan masih belum turun, alhamdulillah..mungkin ini cuma sekedar test buat gw tentang niat ato enggaknya gw dalam menuntut ilmu.
Tapi, saat gw jalan menuju ke kelas, tepat di depan KMTS gw menemukan seonggok anak2 cacing...(lho?). Maaf, maksud gw temen-temen gw. Mereka bilang kalo hari ini kuliah MTK I diganti ke hari Sabtu.
Assssuuuu..Mbajingoo....
kesel tapi campur seneng juga, padahal udah niat banget pengen kuliah tapi ternyata gak ada dosen. Yaudah, g putuskan untuk balik ke kos lagi.....
*Duaarrr.....tik..tik..tik..........tak..tak..tak..tak*
hujan turun, deras banget! Mak! apa salah gw hari ini?!
akhirnya terjebak di kampus deh bersama sejumput rambut ketek..eh, maaf maksud gw temen-temen gw.Disitu ada Tyo, Andi, Ihsan, Affan, Yudis, Yudit, Alif, Neni, Jesy, dan Satya. Mereka heran ngeliatin gw...
Gw baru ngeh kalo mereka pada merhatiin dada kanan gw (ojo saru lho..).


Neni : "Kok Bodat sih, Cky?"
Ihsan : "Kau tau artinya Bodat, Cky? hahahahaha..."
Andi : "Aiihhh...BODAT?!"

Gw baru sadar, kalo gw make kemeja lapangan Satya Soedirman, dan di dada kanan gw terpajang nama-bagus gw dengan bagus, sebagus-bagusnya...BODAT. Kalo dalam bahasa batak BODAT itu artinya monyet. Gw agak males aja sih ngasih tau nya, tapi ya emang kenyataanya di tanah batak sana yang namanya BODAT itu artinya monkey.

Oke, sebelum melebar lebih jauh, biar gw ceritain dulu kenapa yg terpajang di baju lapangan gw itu BODAT.
Gini, BODAT itu adalah nama-bagus gw di PPRPG(Perhimpunan Penempuh Rimba & Pendaki Gunung) Satya Soedirman waktu SMA dulu. Waktu di DIKSAR, gw diberikan nama BODAT ini sama senior dengan alasan gw itu terlalu kemana-kemana kalo menjawab pertanyaan, makanya dikasih nama BODAT (Bodo-Kalewat)...Bangga, tapi sekaligus malu sbenernya. Suatu kebanggaan memiliki nama bagus di dalam Perhimpunan Satya Soedirman karena ini ibaratnya "nickname" seseorang dalam berkegiatan dimana -mana, macam orang-orang penting gitu lah...keren bukan main bukan??
Tapi masalahnya, nama BODAT ini memiliki arti lain kalo kita beralih pada bahasa Batak. Dan artinya itu loh sob...bukan main dah! masih mending kalo artinya itu nama bunga ato apalah...tapi ini nama hewan...
yah...mau salahin siapa coba kalo udah gini?? terima ajah...selama kita berbuat baik dan tidak menirukan tingkah laku binatang yg dimaksudkan.
Begitulah sampai akhirnya nama BODAT itu terpajang di dada kanan kemeja lapangan Satya Soedirman gw.

Dan, temen-temen gw pun masih pada ngetawain nama gw dengan tidak hormatnya.
Muka gw merah tomat, malu, pengen dah rasanya nebakin mereka satu-satu pake shotgun (Psikopat mode : ON).

Dan, akhirnya tawa temen-temen gw pun kian mereda seiring hujan yang enggan menangis lagi, mungkin ia juga tersenyum karena melihat gw yang sedang ditertawakan ini.
Disatu sisi gw kesel diledekin temen-temen gw, tapi disisi lain gw seneng karena gw bisa membuat mereka tertawa. Bukankah begitu menyenangkan bila kita bisa membuat orang lain tersenyum, apalagi sampai tertawa...bahagia....Gak sia-sia gw berangkat ke kampus dan gak ada dosen hari ini...
huaaaaah.....senangnyaaaa....^^

#Pelajaran yang dapat dipetik :
1. Meskipun jutaan onak berduri menghalangi mimpimu, tetaplah berjuang. Meskipun kenyataannya pahit, tetap tersenyum dan bersemangat. Keep doing the best in your life.
2. Berbahagialah orang-orang yang dapat tertawa hari ini, karena tidak semua orang dapat tertawa, bahkan tersenyum seperti ini.

cheers!
archd.frchn

Tidak ada komentar:

Posting Komentar