Hidup Keras, sob! (part 2)

Gw bangun....
aihh.....sudah siang rupanya..
adek-adek gw uda pada sekolah. Saat itu kira-kira jam 11 gw baru bangun, sedangkan jam 1 gw udah harus di KM buat siap2 berangkat ke KulonProgo. Gw langsung sarapan dan mandi.
Ferdy dan Vian pulang, saat itu udah jam 12 lewat dikit, terus gw langsung sholat dzuhur. Beres Dzuhur gw langsung pamit ke tante-tante dan om gw untuk balik ke Jogja, lumayan dapet salam tepel gocap...^^
Gw langsung tarik gas Suprafit S...
15 menit kemudian gw udah sampe di jalan raya Solo-Jogja.
Sumpah ini bagian yang paling nyakitin dalam perjalanan balik ke Jogja. Udah mah jalan lurus terus, panjang, ditambah matahari waktu itu ada sembilan biji! uset panasnya gak nyantai bet dah! (pake logat orang bekasi).
Setelah 1setengah jam kurang lebih gw bersetubuh dengan panasnya perjalanan, akhirnya gw sampai juga di kos, jam di tangan menunjukkan pukul 13.30 saat gw tiba di kos. Gw cek hp gak ada sms dari anak-anak KM, dalam pikiran gw berarti anak-anak belom pada berangkat, gak mungkin lah mereka ninggalin orang hebat kayak gw.. hehehehe...
nyampe kos cuma naro laptop doang, terus minum seteguk air yang itupun minta dari kamar si Temon (Tsaniarsyad). Haus bet dah! (logat Bekasi tentunya..)

15 menit kemudia gw udah tiba di KMTS dan gw ngeliat emang anak-anak belom pada berangkat. Niatnya sih gw mau ngerebah dulu sambil istirahat melemaskan otot-otot karena gw kira ini berangkatnya bakal pada ngaret (yaiyalah jelas udah pada ngaret!). Eh, gaktaunya baru aja gw duduk, mas Tegar `08 (ketua Panitia) tiba-tiba ngomong, "Yuk berangkat yuk, temen-temen..."
-_- aduuuuhh kasian sekali daku ini...baru nyampe udah disuruh berangkat lagi..
Yaudahlah, akhirnya kita semua berangkat, sekitar 20 orang lebih waktu itu, itu baru yang kloter 1 soalnya nanti masih ada yang loter 2 sekitar ba'da magrib mungkin berangkatnya,
Karena cewek-cewek gak ada yang dibolehin nyetir motor, jadi cewek-cewek pada dibonceng. Gw bonceng si Jesy, si eneng ti Tasikmalaya, pake motor dia, lumayan lah irit bensin gak pake motor gw.
Gas motor Vario gw tarik pollll....


Kita bergerak ke arah barat kota Jogja, Ke kabupaten KulonProgo.
Gw agak sedikit terkagum ketika masuk suatu daerah yang gw lupa namanya, disitu sekeliling gw cuma sawah semua...hijau..asri... Seakan-akan ada suara suling memainkan laras laras pelog, atau bahkan salendro. Bukit-bukit juga menambah keindahan pemandangan yang baru aja gw rasakan ini. Si Jesy yang teringat akan kampung halamannya langsung bercerita tentang kampung halamannya, katanya di Tasikmalaya itu masih banyak banget sawah kayak gini, gak kayak di kota Jogja. Anak-anak muda disana kalo main atau ngumpul-ngumpul gitu kayak reunian, biasanya pada nge-liwet di saung di tengah sawah. Wah...betapa bahagianya...


Sekitar 10menit perjalanan setelah itu, pemandangan indah gak lantas berhenti, malah makin indah ketika gw melewati sebuah jembatan yang cukup besar untuk 2 arah, yang menyeberangi sebuah sungai. Aiiiihh....mantapnyoo...indah nian pemandangan ini! Seakan otot-otot mata ini ter-relaksasi sendiri...uuhhh...ademnya...

Setelah melewati pemandangan yang indah nian dan jalan elevasi jalan yang fluktuatif (anjrit berat bet bahasa lo,cky..), kita sampai juga di desa Sidoharjo, kampung Manggung Wetan kalo gak salah gw nama daerahnya. Dan kita selama 2 hari 1 malam ke depan bakal bermalam dan beristirahat di rumah pak lurah daerah sini, namanya..aduh gw lupa deh...
Jadi kegiatan desa binaan ini adalah program yang sudah berlangsung selama 1 tahun ini. Dimulai tahun lalu dengan gagasan sekelompok orang di KMTS yang berada di bidang 4, Pengabdian Masyarakat, tahun lalu diketuai oleh Mas Jaja. Makanya si pak lurah yang gw lupa namanya ini udah akrab sama anak-anak KMTS, wong tahun lalu pernah nginep disini juga.

Setelah berisitrahat, berbenah dan sholat ashar, kami semua (pengurus KMTS) langsung melakukan kegiatan pertama, yaitu bermain dengan anak-anak.
Jadi gini, program desa binaan tahun ini bakal berlangsung 2 hari 1 malam, nah ini itu terdiri dari berbagai rangkaian kegiatan, nah salah satunya bermain dengan anak-anak ini. Karena inti dari kegiatan ini sebenarnya adalah menjalin tali silaturahmi dengan masyarakat desa disini dan berbagi ilmu serta tempat untuk mengembangkan diri.

Wah wah wah, lumayan banyak ternyata anak-anak yang bakalan kita ajak main. rata-rata mereka antara kelas 1 - 3 SD.
Nah, PJ(penanggung jawab) kegiatan bermain dengan anak-anak ini adalah si Dwinda. Dia udah nyiapin beberapa permainan untuk anak-anak disini.


Permainan pertama adalah lomba makan kerupuk, ini terbagi menjadi dua ada yang cewek dan ada yang cowok.
Gw lucu banget dah ngeliat anak-anak yang antusias makanin kerupuk, dengan bermcam-macam mimik wajah. Gak berhenti-berenti gw ketawa ngeliat tingkah laku mereka, apalagi kalo udah ngomong pake bahasa jawa...ha ha ha ha :) geli perut gw...

Ada kejadian lucu ketika lmba makan krupuk untuk cewek-cewek. Ada 2 orang peserta yang mimik mukanya kosong banget, gak ada ketwa-ketawa  ya sama sekali, sedih juga enggak. Dia cuma gigit-gigitin iu kerupuk doang. Sampe anak-anak bikin taruhan yang bisa bikin dia senyum bakalan dapet 50 ribu!
dan hasilnya nihil...

Senang rasanya bisa bermain bersama anak-anak yang kayaknya mereka itu gak punya beban sama sekali, kayak burung-burung gereja yang terbang kesana-kemari di langit. Bergerak semaunya, berpikir terserah, enteng...
Kita semua melakukan bermacam-macam permainan, dari main bola, lomba masukin pnsil ke botol, sampai tebak-tebakan.
Semua keceriaan terbias ketika matahari mulai tenggelam.
Dan kami semua pun bergegas mengambil wudhu untuk agenda berikutnya, Sholat Magrib berjamaah.

Selepas Sholat Magrib, agenda selanjutnya adalah pengajian bersama anak-anak tadi. Sebenarnya bukan pengajian sih, solanya kita pada gak ngaji(baca Qur'an), tapi kita bercerita tentang kisah-kisah para nabi kepada anak-anak yang tadi kita ajak main.
Dasar emang bocah-bocah, giliran anak-anak cewek yang pada antusias mendengarkan cerita nabi Nuh dan bahtera-nya, anak-anak cowok malah pada main tebak-tebakan sama anak-anak KMTS.
hahaha...orang tua yang kurang mendidik...^^
Adzan Isya berkumandang, semua orang melakukan perintah-Nya...

Rangkaian acara selanjutya adalah sharing-sharing tentang ke-tekniksipilan bersama masyarakat kampung. Acara ini memakai mesjid untuk tempat pertemuan. Lumayan ngantuk mengikuti acara ini, karena emang gw belum istirahat, apalagi kalo inget tadi siang gw baru aja kepanasan di perjalanan ke Jogja.
Pas acara sharing tentang ke-teknik sipil-an bersama warga ini, rombongan kloter 2 baru saja tiba.

Jam menunjukkan pukul setengah 9 malam, kegiatan berikutnya adalah ronda malam. Agak aneh sebenernya ngedenger kata ronda malam. Gw pikir kita bakal ngeronda keliling kampun sampai pagi demi keamanan  kampung. Ternyata tidak, kita cuma berkeliling kampun ditemani beberapa warga untuk melihat keadaan kampung dikala malam hari, dan itu pun hanya sekitar 20 menit kita mengitari kampung...huaaaahhh...ini toh yang namanya RONDAaaaaa...

Kami kembali ke rumah Pak Lurah untuk beristirahat sebentar, waktu itu sekitar jam 9 malam. Dan rangkaian kegiatan untuk hari ini sudah tidak ada kecuali acara bebas. Kita gunakan waktu ini untuk bersenggama dengan anggota KMTS lainnya, antar angkatan 2007,2008,2009.
Ada yang main kartu, sampe ada 2 lapak padahal kartunya cuma 1 pak (nah lho?! gw becanda :p), ada yang main gitar, ada yang curhat-curhatan, ada yang ngudut bae (Dwitya Pradipta), ada yang udah capek (baca: tidur), dan kalo yang cewek-cwek nih pada ngegosip dah...kagak tau yang diomongin apaan...
Nah, kalo gw gabung bareng yang main kartu, awalnya gw ikut lapak pertama. Permainan yang dimainkan adalah Poker, dengan jumlah pemain inti 4 orang dan cadangan 2 orang (jadi kalo yang kalah diganti sama yang cadangan ini). Para pemainnya adalah : Boga, Angga, Reyfan, Hanri, Gw, dan Rana. Tingkat permainan di lapak ini gw masukin dalam level sedang lah.
Karena bosen gw menang mulu (hahahahaha ^o^), akhirnya gw dilempar ke lapak ke dua.
Permainan yang digunakan tetap Poker
, dengan jumlah pemain 4 orang, gara-gara gw dan Angga masuk jadi 6 orang. Pra pemainnya adalah : Mas Yudha `07, Ipong, Mas Rio `08, Mas Pahrijal `08, Gw, dan Angga. Tingkat permainan disini gw masukin level hard lah, soalnya yang kalah dapet hukuman jongkok selama main dan sampai dia juara pertama baru dia boleh duduk, ini yang bikin gw bilang tingkat permainannya hard,ditambah jumlah pemain yang banyak berarti kesempatan untuk juara 1 menjadi lebih sedikit, artinya jongkok lebih lama kalo lagi dalam posisi jongkok. ^^
Selama permainan Alhamdulillah gw gak pernah jongkok, dan bulan-bulanan dari laak ini adlah Ipong. gak tau dah tuh anak nambah berapa cm diameter betisnya.
Karena semakin lama permainan terasa semakin kurang seru, lapak ini akhirnya bertambah 2 pemain lagi, yaitu Mas Bimo `07 dan mas Jaja `07.
Jelas permaian semakin seru, sumpah! gak salah masukin si Mas Jaja ini dalam permainan. Bukan hanya tentang pengalamannya bermain kartu di KMTS, tapi kata-kata serta logatnya itu yang bikin kita semua ketawa gak ada henti-hentinya. huahahahahaha....
Permainan semakin malam semakin seru, saling menjatuhkan dan saling menertawakan gak ada henti. Perut gw juga sakit banget gara-gara ketawa.
Gak kerasa, permainan-permainan kayak gini yang bikin akrab satu sama lain antar angkatan itu.
Malam semakin larut, jam menunjukkan pukul 02.00. Tenaga sudah habis terpakai semua untuk hari ini.Kami semua terlelap, satu ruangan, sama rata, satu atap, satu langit, satu keluarga...KMTS
hangat....

##
Selamat Pagi! Waktu itu hari Minggu tanggal 21 Maret 2010.
gw terbangun dan langsung sikat gigi. Gak sholat subuh deh gara-gara begadang semalem (hehe..)
Oke, agenda kegiatan hari adalah Menanam 100 Pohon. Tentunya gak 100 pohon yang kita tanam sekarang, hanya "simbolis" sekitar 10 pohon sengon laut yang ditanam diatas bukit. Sisanya biar para warga yang menanam sendiri. Mudah-mudahan semua pohon ini nantinya bermanfaat bagi desa ini. aaaamiiinn...

Selepas menanam pohon, kita lanjut ke agenda berikutnya yaitu : SARAPAN. Meskipun dengan luk seadanya, nasi+tahu+sayur, semua terasa enak sekali bila makan disaat perut lapar dan sambil bersenda gurau bersama-sama. Gak ada lawan lah pokoknya.

Perut udah kenyang, artinya kita udah siap semua buat melangsungkan agenda berikutnya yaitu membangun jalan. Jalan yang akan dibangun ini adalah terusan jalan yang tahun lalu sudah pernah dibangun. Jalan sederhana sebenarnya, hanya cor-coran semen dan pasir serta kerikil-kerikil. Kita semua (warga + anak-anak KMTS) bergotong royong membangun jalan yang sudah dibangun sejak setahun lalu atas kerjasama KMTS dan warga sekitar. Memang sebagian besar pekerjaaan seperti membuat campuran semen dan mengaduknya adalah kerjaan para warga, tapi kami juga ikut membantu dengan membuat rantai-rantai-an dan saling meng-oper ember berisi campuran semen untuk diicorkan ke tempat yang lumayan jauh dari tempat pengadukan semen.
Cukup melelahkan, tapi menyenangkan..

Selama pekerjaan membangun jalan berlangsung, di tempat lain gak jauh dari situ, diadakan lomba masak antar RT yang merupakan rangkaian kegiatan desa binaan ini juga. Jadi para wanita KMTS mendatangi ibu-ibu untuk mengecek peserta lomba masak ini yang terdiri dari 3 RT.
Nah, pas setelah kegiatan membangun jalan selesai, sekitar jam 12 siang, para ibu-ibu peserta lomba masak juga sudah selesai memasak hasil karyanya untuk dilombakan, dan dikumpulkan di suatu tempat unutk dinilai oleh juri sekalian untuk makan siang para pekerja yang telah lelah membangun jalan.
Dan, setelah penjurian, kita makan bersama. Dalam lauk yang sama, lelah yang sama, rindu yang sama, tiap butir nasi sungguh nikmat terasa...

Sebenrnya udah beres rangkaian acara selepas Dzuhur. Tapi, masih ada kegiatan terakhir, yaitu bermain di air terjun. Di deket daerah sini ada air terjun yang cukup tinggi dan suka dijadikan tempat bermain bagi anak-anak kampung disini.
Jadi setelah berbenah dan beres-beres perlengkapan, kami semua berpamitan dan mengucapkan terimakasih kepada bapak Lurah. Sekalian pulang, kita semua bermain di air terjun dulu untuk melepas lelah dan bercengkrama.
Sekitar 2 km dari rumah Pak Lurah, kita sampai di air terjun. Memang cukup tinggi air terjunnya, tapi yang sangat disanyangkan adalah warna air terjunnya yang agak kecoklatan akibat tanah lempung.
Semua terjun, ke kolam dan kami berfoto-foto ria sambil bermain air dan melepas lelah.
huaaahhh...nikmat sudah.

Langit mulai mendung, dan hujan mulai rintik-rintik ketika kami hendak pulang dari air terjun. Tidak salah, pas ketika kami sampai di tempat parkiran motor awan sudah tidak sanggup menampung air, hujan begitu deras. Kami tetap pulang, dengan memakai mantel dan jas hujan masing-masing.
Oiya, ada kejadian ketika kami pulang dari air terjun menuju parkiran motor, kaki Fida keseleo, sampai dia nangis...kasiaaaaannn...
Gw yang berbalut jas hujan punya si Jesy sedangkan Jesy sendiri gak pake jas hujan hanya berbalut dobel jaket Civil. Dan kita semua pulang menuju kampus menmbus hujan yang sangat lebat.
Buset dah, kemarin gw naik motor saat perjalanan pulang daro Solo ke Jogja kepanasan, sekarang gw pulang dari KulonProgo ke Jogja malah ditimpa hujan gede banget. Ck ck ck...sumpah dah..
Melewati sawah-sawah dan sungai yang kemaringw lewatin juga. Berbeda dengan kemarin, sungai yang kemarin terlihat asri, sekarang arusnya menjadi-jadi karena hujan lebat ini.
Sekitar 1 jam perjalanan gw dalam posisi mengendarai motor dan diserang air hujan dan angin kencang. Ck ck ck...

Ternyata sampai di Jogja gw liat sekeliling dan langit gak ada yang basah sama sekali, cuma mendung doang...-___-
Sampai di KMTS sekitar jam 4 sore, g langsung manasin motor gw dan siap-siap buat balik sebelom ujan turun sambil main futsal dan ngeringin baju(pdahal udah pake jas hujan tapi baju masih aja basah).
Eh, gaktaunya ujan beneran turun, dan gw langsung balik, tanggung...ujan-ujanan lagi...

Sampe kos, cerita belom berakhir. Beres ashar dan mandi akhirnya gw ngerebah juga di kasur dan menikmati posisi tidur paling enak selama 2 hari ini. Gw liat jam, masih jam 5, berarti gw masih punya waktu istirahat 2 jam karena jam 7 nanti gw mau nonton The S.I.G.I.T. di JEC. Dan gw pun ketiduran...
bangun jam setengah 7, pala gw rasanya pusing bet dah, perut laper, idung mampet, tenggorokan sakit buset dah lengkap!
beres magrib, dari yang awalnya gw pengen nonton The S.I.G.I.T malah gakjadi gara-gara kondisi badan gw yang gak enak bet (pake loat Bekasi tentunya). Akhirnya gw sama Philip dan Mas Prima berangkat ke angkringan, makan...
Beres makan, cerita belum berakhir bos..Gw masih ada tugas buat laporan praktikum yang deadline hitungannya itu besok, hari Senin. Dan si Deka udah nelponin gw nyuruh dateng ke kos Ipong soalnya dia perlu contoh laporan yang ada di gw. Alhasil, meskipun badan remuk idung mampet, gw tetep berangkat ke kosan Ipong.
Sampe kosan Ipong gw ngerjain dikit tuh laporan, bareng-bareng karena gw , Deka dan Ipong sekelompok.
Ketika lagi ngerjain...

Gw : "Buset dah pong ini laporan kagak santai bet. Gaktau orang lagi capek apa ya..."
Ipong : (dengan gaya terkekeh-nya yang khas), "hehe...Hidup keras, sob!"
Gw : sambil terus mengerjakan , "-__-"
Deka : "hekhekhekhehk..."

Setelah gw flashback, gila juga ya 2 hari ini kegiatan gw, dari yang kepanasan setangah mampus, sampe kehujanan setengah mampusnya lagi...
minimum istirahat, maksimal penggunaan tenaga.
Dalam benak gw, mungkin ini semua belum seberapa, dunia sebenarnya pasti lebih dari ini. Bener kata Ipong kalo hidup ini keras! dan kalo lo lembek, lo bakalan kalah sama hidup, tapi kalo lo lebih keras, lo bisa menang dalam hidup, dengan kata lain sukses dan mencapai semua impian!

Nice! semua ini belum apa-apa, masih ada yang lebih sulit dan lebih keras dari ini. Itu semua memang kodrat manusia. Seperti halnya sebuah mata pisau, agar tajam harus selalu diasah. Begitu juga manusia, agar dia menjadi kuat, dia harus terbiasa berada dalam kondisi terburuk sekalipun dan mengatasi semua masalah. Gak salah kalo ada pepatah "Pengalaman merupakan guru terbaik"

Bukankah mimpi setiap orang untuk menjadi yang lebih baik dari sebelumnya?. Dan bukankah memang tugas kita untuk berbuat sebaik-baiknya diri kita sendiri?. Maka, dengan ini semua gw berharap agar gw bisa mejadi orang yang lebih baik dari sebelumnya dan selalu melakukan yang terbaik untuk setiap orang.

huaaah...sudah malam waktuny untuk tidur dan bermimpi indah.

cheers!!

archyd.frchn

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Iya po??

Journey to The East (Cerita Perjalanan Backpacking Flores) - 2

Natasa